dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Rabu, 03 Juni 2015

Pulau Kodingareng Keke "Surga Bawah Laut Pertamaku"

Snorkeling, mengajak saya melihat indahnya surga bawah laut.

Belakangan ini acara jalan-jalan seru saya habiskan dengan semua yang berbau air, mulai dari pantai ke pulau. Setelah Pulau camba-cambang, pantai ujung dan apparalang, kembali saya berkunjung (bahasa kerennya ngetrip, hehe) ke Pulau Kodingareng Keke yang berlokasi di Kota Makassar. Yah, selain Pulau Samalona, masih banyak pulau lainnya di Makassar yang patut jadi destinasi ngetrip, tak terkecuali pulau kodingareng keke.

Pulau tak berpenghuni ini terletak di Kec. Ujung Tanah, Makassar berjarak kurang lebih 14 km dari Kota Makassar, memanjang dari Timur laut hingga barat daya (sumber:wisatamakassar.com).

Perjalanan saya mulai di dermaga Makassar. Sebelumnya saya dan rombongan yang jumlahnya 20 orang berkumpul di jalan veteran untuk bersama-sama menuju dermaga. Kapal sudah di pesan, jadi langsung berangkat. Sekitar pukul 09.00 pagi kami berangkat dari dermaga. Waktu itu ombak agak kencang. Ini adalah perjalanan laut terlama saya (maklum, hehe). Selama perjalanan, saya tak hentinya memandang sekitar, yah saya memang suka laut, saya perhatikan kapal-kapal yang terparkir ataupun yang sedang lewat, pulau-pulau, ombak, ikan-ikan dan yang sangat disayangkan adalah sampah. Beberapa kali saya memperhatikan sampah sepanjang perjalanan. Makanya, berkunjung boleh saja tapi tetap kebersihan nomor satu.

Setelah kurang lebih satu jam, bersandarlah kapal kami di dermaga pulau kodingareng keke. Pulau berpasir putih yang dari jauh sudah nampak keindahannya. Di pulau ini tidak ada gazebo, yang ada hanya pohon-pohon, tidak banyak memang tapi masih mencukupi untuk pengunjung berteduh di bawahnya. Setelah menurunkan bekal, kami mencari tempat berteduh, memasang tenda dan menyiapkan untuk acara bakar-bakar ayam. Dan, mulailah kami, yeaah :D

Selesai mengisi kampung tengah yang sejak pagi sudah kelaparan, mulailah kami menuju bibir pantai pulau ini. Masih terpesona dengan pulau kodingareng keke, disebelah barat pulau kita bisa menemukan kedalaman air laut yang sangat-sangat dalam, jadi hati-hati jangan sampai tenggelam. Kedalaman laut disebelah baratnya mencapai lebih dari 20 Meter. Selain itu disebelah barat pulau ini anda bisa melihat dataran penghalang yang terbentuk akibat proses alam yaitu proses sedimentasi yang tersusun dari material pecahan-pecahan koral (Sumber : anekawisatanusantara.com)

Di sinilah saatnya saya make it happen one of my biggest dream, snorkeling. Sudah sejak lama saya sangat ingin snorkeling melihat keindahan bawah laut. Lengkap dengan peralaran snorkeling + pelampung dan ditemani oleh kakak yang sudah cukup berpengalaman, mula-mula saya yang belum pernah melakukan ini sebelumnya disarankan untuk latihan bernafas dengan mulut melalui selang dari alat snorkeling. Merasa yakin sudah bisa, saya ditemani menuju laut jauh dari bibir pantai. Dan, waah, masyaAllah, pemandangan yang sangat indah, terumbu karang, ikan-ikan saya saksikan langsung dibalik kacamata snorkeling. Saya jg melihat bagian dalam bawah laut yang sepertinya menuju dasar laut, airnya sangat biru dan saya berada di dekat area itu. Benar-benar pengalaman yang luar biasa. Saya hampir tak pernah melihat ke permukaan karena terlalu asyiknya. Berfoto sambil snorkeling tak lupa saya abadikan. Kapan lagi, hehehe. Agak lama melihat keindahan yang saya bisa bilang surga bawah laut, kami bergegas berenang menuju ke pinggir pantai, arus juga cukup deras tapi pengalaman sangat luar biasa. Akhirnya, di pulau kodingareng keke ini menjadi pengalaman snorkeling pertama saya. Saya menjadi lebih dan lebih mencintai lautan.

Waktu menunjukkan pukul 14.00 dan sudah terlalu lama bermain air, kami pun bergegas pulang. Kapal yang membawa kami sudah lama menunggu. Perjalanan pulang dimulai dan tak kalah serunya. Di tengah perjalanan, hujan turun dan akhirnya kami harus hujan-hujanan di atas kapal sampai ke dermaga.

Semoga ada kesempatan untuk snorkeling di tempat berbeda. Walaupun keindahannya sama luar biasa, surga bawah laut.

(Ditulis melalui asus smartphone, blog_app)

1 komentar:

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com