dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Sabtu, 16 Mei 2015

Jelajah "Pengacara" Part 2 (Apparalang)

Seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya, Indonesia memang indah. Setelah bulan lalu menikmati indahnya pulau camba-cambang di Pangkep, sekarang waktunya menjelajah Apparalang di Kabupaten Bulukumba (kota kelahiranku, hehe).

Berbicara tentang Kabupaten Bulukumba atau yang biasa disebut Bumi Panrita Lopi ini tak lepas dari banyaknya tempat-tempat wisata yang seiring waktu sangat dibicarakan banyak orang. Sebut saja pantai Bira salah satu wisata bahari yang sudah dikenal lama oleh masyarakat nasional maupun internasional. Kemudian dikenal juga beberapa tempat wisata yang lain seperti Pantai Bara dan Pantai Samboang menambah deretan destinasi wisata bahari di Kota ini. Lama setelah itu (tidak terlalu lama juga sih), muncullah spot wisata terbaru nan eksotis (katanya) bernama Apparalang yang tidak kalah memukaunya. Yah, Apparalang termasuk spot wisata yang baru ditemukan (terekspos) di awal tahun 2015 walaupun keberadaannya sudah lama diketahui oleh masyarakat sekitar.

Walaupun lokasinya di kampung sendiri, Rabu kemarin adalah pertama kalinya saya mengunjungi tempat tersebut (masa orang luar saja berbondong-bondong ke sana, saya belum, hehe). Sampai di sana saya langsung terpesona dengan si Apparalang ini. Memang benar kata orang banyak dan gambarnya memang tidak bohong, masyaAllah ciptaan-Nya, sangat indah. Di Apparalang, kita bisa menikmati indahnya air laut yang begitu jernih ditambah dengan desiran angin laut yang sepoi sepoi menyapa pengunjung. Sangat cocok untuk mereka yang ingin suasana jauh dari kebisingan.

Dengan mengendarai motor, sekitar kurang lebih sejam, sampailah saya dan rombongan keluarga di tempat eksotis ini. Tidak ada biaya masuk, hanya sumbangan seikhlasnya saja. Tidak sabar, saya langsung menuju tangga yang mengarah ke bawah mengantar kita lebih dengat dengan air (kurang tahu apa istilahnya, hehe). Jangan lupan, harus hati-hati dan "permisi" di sini. Next, dan apa lagi kalau bukan sesi foto-foto, gak afdol nanti, heheh (kadang saya memang fotogenic). Setelah puas berfoto ria, kami beristirahat di warung-warung kecil sambil makan gorengan. Memang belum banyak warung di sana, yang adapun masih sangat sederhana tapi itu tidak mengurangi indahnya spot wisata ini. Rencananya saya mau coba snorkeling, tapi waktu itu ombak dan angin tidak memungkinkan, berbahaya jadi ditunda dulu deh. Kalau ada yang mengajak, saya mau datang untuk yang kedua kalinya, tapi kalau bisa jangan saya yang mengendarai yaa, hehe.

Lokasi Apparalang terletak di Desa Ara Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba ini dapat ditempuh dan diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 20 menit dari arah Pantai Tanjung Bira dan atau 60 menit dari pusat ibukota Kabupaten Bulukumba. Kawasan pantai yang berjarak sekitar 200 KM dari Kota Makassar ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit perjalanan darat. Selain itu, pantai Apparalang juga dimungkinkan untuk dapat diakses dengan angkutan umum antar daerah bertarif variatif antara 45-55 Ribu rupiah persatu orang penumpang. Kendati demikian, para pengunjung yang datang dengan menumpangi alat transportasi umum harus mengakhiri perjalanan sampai di Desa Ara. Sebab, pantai Apparalang belum dapat diakses dengan menggunakan alat transportasi umum (beritadaerah.co.id).

Jalan menuju ke sana bisa dibilang masih kurang bagus dan butuh perhatian pemerintah. Kondisi jalan yang belum diaspal dan sebagian juga masih berupa tanah yang sangat berbahaya bagi pengendara setelah turun hujan. Sekitar 2 km sebelum sampai di Apparalang juga sangat sepi, hampir tidak ada rumah warga, hanya pepohonan disepanjang jalan. Tapi, dengar-dengar, pemerintah akan segera memperbaiki keadaan tersebut mengingat pengunjung bukan hanya mereka yang dari Kota Bulukumba saja, tetapi sudah banyak pengunjung dari luar Bulukumba.

Beberapa fasilitas dan sarana-prasarana
pendukung lainnya, seperti lokasi penyewaan alat selam, perahu, motor, penginapan sejenis villa, bungalow, restoran, hotel melati bertarif murah, dan kamar mandi tengah dibangun dan dipersiapkan untuk menunjang kehadiran Pantai Apparalang sebagai destinasi daerah tujuan wisata di semenanjung selatan Kota Bulukumba (beritadaerah.co.id).

So, visit Bulukumba guys :)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com