dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Selasa, 07 Januari 2014

SEMAKIN WARNA-WARNI SEMAKIN BERGIZI


Lebih dari 50 jenis zat gizi yang harus kita penuhi setiap hari. Selain zat gizi, zat fitokimia atau zat kimia aktif yang ada di dalam makanan juga penting untuk dipenuhi termasuk serat. Bagaimana agar kita dapat memenuhinya? Caranya kita harus mengkonsumsi menu yang seimbang dan beraneka ragam. Salah satu cara yang mudah pastikan menu anda warna-warni, karena setiap warna dalam makanan menunjukkan kandungan zat gizinya.


1. Warna MERAH.
Sayuran, buah-buahan, serta bahan makanan berwarna merah mengandung banyak pigmen yang berguna melawan penyakit dan likopen atau zat yang berperan menjaga kesehatan sel serta mampu mengurangi resiko kanker.

Buah-buahan yang masuk kategori ini di antaranya tomat, stroberi, semangka, apel merah, cranberry, cherry, anggur, but, serta paprika merah, sedangkan yang mengandung oksidan paling tinggi adalah stroberi, cranberi, cheri, anggur merah, bit, dan paprika merah. Selain buah-buahan tersebut, masih banyak sayuran atau bahan makanan berwarna merah yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya beras merah. Beras yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi putih ini sering dikaitkan dengan trend gaya hidup sehat. Pandangan tersebut memang tidak salah karena kandungan gizi beras merah memang patut diunggulkan. Seperti kandungan utama pada semua jenis beras, yaitu vitamin B1, B6, dan B12, ternyata kadar yang lebih tinggi ada pada beras merah.Selain memiliki kadar serat yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk mereka yang menjalani program diet, beras merah juga menjadi bahan makanan sumber mineral magnesium yang memiliki kemampuan untuk menurunkan keakutan dari asma, darah tinggi, menurunkan frekuensi migraine serta menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, magnesium yang dikandung beras merah juga mampu menjaga kesehatan tulang manusia.

2. Warna HIJAU
Warna hijau pada sayuran menandakan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles.

Semuanya itu berfungsi merangsang level pembuatan komponen yang dapat memecah unsure kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran yang berwarna hijau yang memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh di antaranya, brokoli, selada, bayam, pok choi, dan teh hijau.

Menurut penelitian, teh hijau dapat memberikan dorongan pada metabolism tubuh karena mengandung polyphenol dan kafein yang bersatu membuka proses pembakaran lemak pada nilai control yang berbeda. Untuk sayuran bayam, menurut penelitian di Rutgers University, hormone yang ditemukan pada sayuran ini dapat membantu membangun dan memperbaiki otot dengan meningkatkan sintesis protein. Sementara pada sayuran brokoli, diketahui dapat mencegah kanker serta mengandung vitamin C dan K.

Untuk buah-buahan yang berwarna hijau seperti alpukat, mengandung lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menaikan kadar kolesterol baik atau HDL, tanpa meningktkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Buah hijau lain yang bermanfaat bagi jantung adalah kiwi. Ada yang berspekulasi jika manfaat buah ini untuk jantung berasal dari aktivitas antioksidan dan kandungan lutein yang tinggi serta banyak memiliki vitamin C. Sementara untuk buah apel hijau, menurut penelitian bisa mencegah stroke. Peningkatan 25 gr buah-buahan setiap hari, yaitu sekitar 120 gr apel hijau dikaitkan dengan 9% penurunan stroke.


3. Warna KUNING / ORANGE
Buah-buahan yang berwarna kuning diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk melindungi sel tubuh. Selain itu juga mengandung betacryptoxanthin, salah satu komponen karotenoid.
Jeruk squah, wortel, blewah labu, persik, mangga, apricot, dan pepaya adalah sebagian contoh buah dan sayuran yang berwarna orange.
Setiap porsi dari buah dan sayuran tersebut memberi banyak beta karoten yang dapa menyehatkan tubuh dan alpha karoten yang efektif melawan kanker, sedangkan setengah mangkuk dari buah dan sayuran yang berwarna orange tersebut dapat mencukupi kebutuhan vitamin c dalam tubuh.

Vitamin C merupakan senyawa penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktivitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah vitamin C. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.

4. Warna JINGGA
Warna jingga yang dimiliki buah dan sayuran menandakan adanya kandungan alfa dan betakaroten. Dua jenis unsur nutrisi ini jika dikonsumsi cukup, akan bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker.Contoh: Wortel dan Mangga.

5. Warna PUTIH
Putih kehijauan. Contoh: bawang putih, bawang bombai, seledri, dan pir. Makanan berwarna putih banyak mengandung flavonoid yang dapat melindungi membran sel.

Sayuran dan buah berwarna putih tampaknya kurang populer di masyarakat. Padahal, sayuran dan buah berwarna putih memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan tak kalah dari sayuran berwarna hijau. Oleh karena itu, pola pikir yang menyebutkan makanan berwarna putih kurang lezat harus diubah. Banyak manfaat bagi tubuh yang bisa diambil dari sayuran dan buah-buahan tersebut.

Pisang, jamur, kentang, kembang kol, lobak, tahu, bawang putih, keju rendah lemak, yogurt, dan susu adalah contoh makanan berwarna putih yang banyak mengandung flavonoid. Kandungan tersebut dapat membantu membran sel. Susu rendah lemak juga dapat membantu daya kerja jantung, sedangkan kalsiumnya bermanfaat membangun lemak dan menurunkan berat badan.
Banyak orang yang salah mengartikan bahwa karena berwarna putih, maka bahan makanan atau buah dan sayuran tersebut tak memiliki zat pigmen. Padahal, makanan ini tetap memiliki zat pigmen yang berwarna putih, biasanya sayuran yang berwarna putih mengandung anthoxanthins, sebuah senyawa kimiawi yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Setiap warna makanan menunjukkan kandungan gizinya yang berbeda-beda jadi kalau ingin menu kita bergizi susunlah dengan mengkonsumsi makanan yang berwarna-warni...semoga bermanfaat.
SUMBER : https://www.facebook.com/RumahDietGizanda

1 komentar:

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com