dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Senin, 06 Januari 2014

Menjadi tua, bukan pilihan

Beruntunglah mereka yang tua,
Karena telah menikmati masa mudanya,
Sedangkan mereka yang masih muda,
Belum tentu merasakan nikmatnya menjadi tua.

Menua memang bukan suatu pilihan. Itu adalah ketetapan yang akan kita jalani jikalau umur terus bertambah. Menua bukan semata proses yang dihadapi ketika usia manusia mulai bertambah. Menua juga bisa disebabkan sejumlah faktor yang membuat organ-organ tertentu dalam tubuh manusia berubah, salah satu diantaranya karena fobia kecemasan yang intens. 
 
Kondisi atau gangguan mental semacam ini tak hanya menyebabkan penderitanya menua tetapi juga mengalami proses penuaan lebih cepat dari orang-orang seusianya. 

Untuk lebih lengkapnya, simak 7 faktor yang membuat Anda cepat menua seperti dilansir dari huffingtonpost, berikut ini:
  1. Fobia Kecemasan . Sebuah studi baru dari peneliti di Brigham dan Women's Hospital menunjukkan bahwa fobia kecemasan dapat menyebabkan penuaan biologis lebih cepat, bersamaan dengan masalah kesehatan lainnya. Peneliti Author Okereke dan timnya mempelajari hubungan antara kecemasan dan telomere atau protein DNA di ujung kromosom yang bertindak sebagai penanda biologis pada proses penuaan. Hasilnya, gejala-gejala fobia kecemasan berkaitan dengan telomere yang lebih pendek.
  2. Paparan Sinar Matahari. Paparan sinar matahari berkontribusi terhadap timbulnya keriput dan percepatan penuaan eksternal. Meskipun pigmen alami manusia telah menyediakan sejumlah perlindungan, paparan sinar matahari kronis dapat menyebabkan age spot (bercak-bercak berwarna coklat yang biasanya ditemukan pada lansia) dan elastosis atau kerusakan jaringan elastis pada kulit sehingga kulit tampak kasar.
  3. Perceraian. Berpisah dengan suami/istri juga bisa menyebabkan percepatan penuaan. Hal ini didasarkan pada sebuah studi analisis wajah yang dilakukan pada sejumlah kembar identik pada tahun 2009. Menurut studi ini, orang kembar yang telah bercerai kelihatan lebih tua, tepatnya 1,7 tahun lebih tua dibandingkan saudara kembarnya yang belum pernah menghadapi perceraian.
  4. Merokok. Bukan rahasia lagi jika merokok tak baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini juga membuat orang lebih cepat tua, baik di luar maupun di dalam tubuh. Di luar, merokok berkontribusi terhadap munculnya keriput dan di dalam tubuh merokok telah banyak dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan serius
  5.  Gula. Pola makan yang buruk juga bisa berkontribusi terhadap proses penuaan yang lebih cepat. Asupan gula yang tinggi misalnya, dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat, namun faktor penuaan yang sebenarnya adalah bagaimana tubuh seseorang mengenali dan menggunakan gula itu sendiri. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan dapat mengakibatkan tingginya jumlah gula dalam tubuh seseorang dan hal itu seringkali dikaitkan dengan penuaan.
  6. Obat-obatan Antidepresan. Menurut studi analisis wajah pada tahun 2009 yang dilakukan pada sejumlah kembar identik, penggunaan obat-obatan antidepresan juga bisa mengakibatkan percepatan penuaan. Setelah meninjau foto-foto 186 saudara kembar, peneliti menemukan partisipan yang mengonsumsi obat-obatan antidepresan seringkali terlihat lebih tua daripada kembarannya yang tidak meminumnya.
  7. Kesepian. Merasa kesepian di usia tua juga menyebabkan orang-orang menua lebih cepat. Menurut sebuah studi pada tahun 2011, 985 partisipan dinilai tingkat kesendiriannya dengan skala 5 poin. Dari situ peneliti menemukan untuk setiap titik pada skala yang melampaui garis batas, penurunan motoriknya 40 persen lebih cepat. Lebih dari itu, peningkatan angka penurunan motorik juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 50 persen.

Melihat banyak factor yang dapat melancarkan proses penuaan, tentu saja ada banyak solusi untuk mencegah penuaan dini, ingat, mencegah bukan menghentikan hehe
Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.
Tips-tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan Anda:
  • Banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah segar sebagai antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk menghindari junk food dan produk-produk olahan.
  • Melakukan perawatan secara teratur yang meliputi pemakaian scrub, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan yang melembabkan kulit, serta memperbaiki sirkulasi darah dengan melakukan pemijatan atau refleksi.
  • Banyak mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya minimal 2,5 liter per hari yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan lupa pula untuk mengurangi kopi dan soft drink.
  • Memperbanyak minum teh hijau yang banyak mengandung antioksidan.
  • Melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, senam, dan berenang minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berimplikasi pada asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel lebih baik serta sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.
Menjadi tua memang bukan pilihan,
Tapi, cepat atau lambat untuk menjadi tua, itulah pilihan

Sumber dari:

Thanks :)


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com