dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Senin, 06 Januari 2014

Magang, Seru !?


Hai blogger, seminggu yang lalu saya dan 2 orang teman saya (Ratih dan Ummu) baru saja menyelesaikan kegiatan magang. Salah satu syarat bagi mahasiswa tingkat akhir di Prodi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan magang ini merupakan salah satu kegiatan mahasiswa untuk belajar dari pengalaman kerja praktis di suatu institusi. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetisi lulusan dan menjadi tambahan pengetahuan serta wawasan dunia kerja. 

 Kita seharusnya mengetahui bahwa tiga tahun yang lalu UNESCO telah mengembangkan pendidikan berbasis pada empat pilar yang meliputi learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Kegiatan magang ini termasuk salah satu bentuk penerapan learning to do dalam pendidikan kesehatan masyarakat. 

Karena ini adalah hari pertama, jadilah kami penghuni pertama Puskesmas (tempat magang kami). Tentu saja kami ingin menunjukkan kesan baik bahwa betapa disiplinnya kami dan puskesmas tersebut tidak salah menerima surat permohonan magang kami. (hohoho..)

Ok cukup sampai disitu cerita the first day kami. Lanjut dengan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan di lokasi magang. Di sini kami mengetahui bahwa betapa berbedanya metode belajar hanya dengan teori dan praktek, tidak salah jika kebanyakan institusi lebih mengutamakan mereka yang berpendidikan diploma dibandingkan sarjana. Mereka lebih melihat keterampilan seseorang yang direkrutnya untuk bekerja, bukan berteori (bukannya teori tidak penting, tapi prakteklah juga sangat dibutuhkan). 

Bekerja seperti tenaga kesehatan lainnya (walaupun masih menunggu perintah) tentu saja merupakan hal yang baru dan menyenangkan bagi kami sehingga kami lebih memahami seperti apa dunia kerja yang sebenarnya (yaah, awal-awal magang sih hehe :D ). Begitulah dari hari ke hari, kami merasa seperti tenaga kesehatan sebenarnya di puskesmas, lengkap dengan seragam layaknya petugas kesehatan yang sedang bekerja walaupun kadang ada saat di mana kami mengantuk dan bosan karena ada atau kurang pekerjaan di lokasi. 

Okee cukup sampai disini, lanjut berfikir JUDUL SKRIPSI
Chayoooooo :D

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com