dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Jumat, 05 Juli 2013

DIET INI MEMBUNUHKU !

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Tak heran jika dizaman modern seperti ini semua orang rela melakukan apa saja demi impiannya tersebut. Memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi, merogoh kocek yang dalam demi tubuh ideal yang diimpikan. Terutama mereka yang termasuk kalangan hawa.

Salah satu cara yang ditempuh oleh sebagian orang adalah diet. Namun terjadi perbedaan persepsi mengenai definisi diet ini. Sebagian masyarakat  berpendapat, diet itu adalah mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengurangi bahkan tidak mengonsumsi sumber karbohidrat atau beberapa zat gizi lainnya dalam sehari, tidak minum air atau lebih banyak minum air serta beberapa cara lain yang “menyesatkan”. Alhasil pelaku diet ini bukannya mendapatkan tubuh ideal malah menjadi sakit atau beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti sakit maag, rambut rontok, 5L dll.

DIET
Diet berasal dari bahasa Yunani, yaitu diaita yang berarti cara hidup. Definisi diet menurut tim kedokteran EGC tahun 1994 (dalam Hartantri, 1998) adalah kebiasaan yang diperbolehkan dalam hal makanan dan minuman yang dimakan oleh seseorang dari hari ke hari, terutama yang khusus dirancang untuk mencapai tujuan dan memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan tertentu.

Jadi, diet adalah pengaturan asupan bukan pengurangan asupan. Bagaimanapun, untuk melakukan fungsinya dengan baik, tubuh memerlukan asupan makanan dan pastinya nutrisi yang cukup. Persepsi diet yang salah akan mengakibatkan mudahnya seseorang untuk menderita berbagai gangguan kesehatan tersebut. Penting untuk diketahui adalah diet bukan hanya dilakukan oleh mereka yang bersikeras menurunkan berat badan demi tubuh ideal tetapi diet ini memang merupakan salah satu program yang diperuntukkan bagi pasien-pasien dengan penyakit tertentu. Ada diet untuk penderita penyakit kolesterol, penyakit ginjal, asam urat, stroke, PJK (Penyakit Jantung Koroner) dan beberapa penyakit lainnya.

Intinya adalah diet dilakukan dengan mengatur porsi makannya agar jumlah makanan yang masuk sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang. Namun, berhasilnya diet tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah asupannya tetapi juga pada fungsi fisiologis tubuh orang itu sendiri.
:)

1 komentar:

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com