dan kutulis mereka yang menari-nari dalam fikiranku, kecuali sedikit

Minggu, 02 Desember 2012

ini obat untuk penyakit AIDS




1 Desember merupakan peringatan hari AIDS sedunia. AIDS merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh virus HIV. Virus ini menyerang sistem imun/kekebalan tubuh manusia sehingga penderita mudah untuk terserang penyakit lain. Buruknya, penyakit ini sampai kemarin belum ada informasi tentang obat yang ampuh untuk penyakit AIDS, yang ada hanya bagaimana cara agar si penderita bisa bertahan hidup melawan virus tersebut. Namun, hari ini ada kabar gembira untuk dunia kesehatan bahwa seorang dokter wanita, Zhilei Chen, asisten profesor di A&M University di Texas yang berkolaborasi dengan Scripps Research Institute, menghasilkan penelitian besar dengan menemukan senyawa PD 404,182 yang bisa membunuh virus HIV, penyebab AIDS (www.adadisini.info).  Penemuan ini sebenarnya secara tidak sengaja karena pada awalnya senyawa tersebut akan digunakan untuk melawan virus hepatitis C. Tapi setelah mencoba pada virus HIV, ternyata lebi efektif.

Akan tetapi senyawa ini masih akan terus dikembangkan untuk nantinya bisa diproduksi secara masal, agar lebih aman dan tidak membahaykan ketika digunakan kepada manusia. Karena pada proses pengembangan obat baru tidak otomatis senyawa yang secara in vitro atau dalam tahapan laboratorium berkhasiat, bisa langsung diproduksi untuk diberikan langsung kepada manusia. Setidaknya terdapat 3 tahap yang harus dilalu sebelum senyawa ini dapat diguanakan kepada masyarakat luas. (1) 3 sampai 4 tahun senyawa itu harus dicobakan pada hewan, (2) 4 sampai 5 tahun kemudian baru dicobakan kepada relawan manusia. (3) Dan menunggu lagi 2 sampai 3 tahun untuk proses registrasi dan akhirnya diproduksi masal. Dengan demikian masyarakat dunia harus menunggu sekitar 12 tahun lagi baru bisa tahu pasti apakah benar anti virus ini akan membunuh virus HIV / AIDS (www.adadisini.info). 

Nah, selagi menunggu terealisasinya obat tersebut yang harus kita lakukan adalah tidak menjauhi mereka yang menderita AIDS karena mereka masih mempunyai hak untuk hidup bahagia seperti orang yang bukan penderita.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar (keep brotherhood) :)

Instagram

Twitter

Translate

Text Widget

Copyright © winaakurniaa | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com